Kata pengantar
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat TUHAN YANG MAHA ESA ,sebagai pencipta atas segala kehidupan yang kita
lihat, kita dengar dan kita rasa yang senantiasa memberikan rahmat, hidayah dan
inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Dalam kesempatan ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih dengan hati yang tulus kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini semoga Allah senantiasa membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda.
Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak guna perbaikan di masa yang akan datang. Akhirnya semoga amal baik yang telah diberikan oleh semua pihak kepadakami, mendapat balasan yang setimpal dari TUHAN YANG MAHA ESA . Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Pendahuluan
Pada zama modren seperti sekarang ini kebanyakan orang
menganggap bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang hanya dimulai dan diakhiri
dengan hukum permintaan dan penawaran.Tentu saja anggapan ini terlalu
mengandalkan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang
sangat sederhana. Akan tetapi menurut saya hukum yang dikenal dengan
hukum penawaran dan permintaan memang merupakan bagian yang terpenting dalam
pemahaman kita mengenai pasar. Apa bila kita membicarakan pasar tentunya tidak
luput dari perdagangan. Perdangan yang paling sering terjadi adalah perdangan
di pasar.Di dalam perekonomian pasar tentunya ada yang disebut permintaan dan
penawaran.Permintaan adalah jumlah barang yang diminta pada jumlah dalam waktu
tertentu,sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia
dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga
selama periode waktu tertentu. Dari sini kita sudah melihat bahwa
Permintaan dan Penawaran memiliki hubungan yang erat satu sama lain untuk
mendukung perdagangan. Pertama kita perlu mengetahui apa faktor saja yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran, berikutnya kita dapat melihat bagaimana
permintaan dan penawaran membentun harga pasar.
Latar belakang
Salah satu pokok bahasan yang paling penting dari
aplikasi ekonomi adalah konsep elastisitas. Dengan adanya pemahaman
elastisitas, apa yang akan terjadi terhadap permintaan dan penawaran, jika ada
perubahan harga? Apa yang terjadi pada “keseimbangan harga” bila faktor-faktor
yang mempengaruhi kurva berubah? Dan beberapa besar pengaruhnya?
Elastisitas merupakaan ukuran
sejauh mana pembeli dan penjual bereaksi terhadap perubahan kondisi yang
ada.Kondisi yang dimaksud berkaitan dengan perubahan harga. Dengan kata lain,
elastisitas merupakan derajat kepekaan permintaan dan penawaran terhadap perubahan harga
Rumusan masalah
1.Pengertian permintaan dan faktor tidak di anggap tidak berubah ?
2.Apa bunyi dari Hukum permintaan ?
3.Apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan ?
4.Apa pengertian penawaran ?
5.Apa bunyi dari Hukum Penawaran ?
6.Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
penawaran ?
Pembahasan
1.Pengertian
permintaan dan faktor tidak di anggap tidak berubah ?
jawaban
Pengertian Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang
yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu
tertentu.
Masyarakat selaku konsumen harus membeli
barang atau jasa keperluannya di pasar. Keadaan ini mengandaikan bahwa barang
atau jasa itu memiliki tingkat harga tertentu. Adanya berbagai macam harga di
pasar selanjutnya mengandaikan adanya kondisi yang mempengaruhi. Adapun
unsure-unsur yang terdapat pada permintaan yakni barang atau jasa, harga dan
kondisi yang mempengaruhi. Jadi permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang
dibeli dalam berbagai situasi dan tingkat harga.
factor yang lain dianggap tidak
berubah.
- Pada harga
yang tinggi , banyak pembeli yang tidak mampu membeli atau mungkin
cenderung mencari barang substitusi dengan harga terjangkau. Sedangkan
pada harga rendah, pembeli yang tadinya kurang mammpu menjadi mampu untuk
membeli
- Bagi
pembeli perorangan, kenaikan harga akan memperkecil daya beli pembeli atau
akan mengurangi anggaran untuk alat pemuas kebutuhan yang lainnya (dengan
catatan pendapatan tetap)
- Adanya
harga barang substitusi yang harganya jauh lebih rendah akan lebih menarik
apabila harga suatu barang atau jasa semakin tinggi. Akibatnya pembeli
akan beralih dari barang atau jasa yang telah biasa di konsumsi ke barang
atau jasa substitusi
2.Apa bunyi dari Hukum permintaan ?
jawaban
2.Hukum ekonomi berlaku ceteris
paribus (diluar obyek yang diselidiki, keadaannya tetap tidak berubah).
Singkatnya hukum permintaan adalah :
“ Permintaan akan bertambah apabila
harga turun dan akan berkurang apa bila harga naik”.
Hukum
permintaan tersebut dilatari oleh kenyataan bahwa orang harus memenuhi
kebutuhannya sebatas anggaran atau pendapatan tertentu. Muncul masalah disini
mengapa manusia harus memenuhi berbagai kebutuhan, sementara anggaran yang
dimilikinya terbatas? Alasannya, setiap benda pemenuhan kebutuhan mempunyai
kegunaan (utilitas)nya masing-masing sehingga orang akan berupaya memenuhi
kebutuhan dengan menyamakan pertambahan kegunaan (utilitas marginal) benda
pemuas kebutuhan yang dikonsumsinya.
Hukum
permintaan berbunyi: apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan
mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta
akan mengalami kenaikan. Dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan
berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan
menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan:
naiknya harga menyebabkan turunnya
daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan
naiknya harga barang akan
menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
3.Apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan ?
jawaban
- konsumen /
selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi
beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
- Ketersediaan
dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan
margarin akan turun permintaannya.
- Pendapatan/penghasilan
konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang
yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan
mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
- Perkiraan
harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau
membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
- Banyaknya/intensitas
kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung
akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri,
cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi
dibandingkan bulan lainnya
4.Apa pengertian penawaran ?
jawaban
Penawaran adalah sejumlah barang
yang ditawarkan pada tingkat harga
tertentu dan waktu tertentu.
Dalam rangka
menjawab kebutuhan konsumen, pihak produsen menyediakan berbagai barang dan
jasa. Barang dan jasa hasil produksi ini kemudian dijual kepada konsumen di
pasar menurut tingkat harga tertentu. permintaan bersangkut paut dengan
pembelian dan pemakainan sedangkan penawaran bersangkut paut dengan peneyediaan
dan penjualan. Jadi penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk
dijual pada berbagai tingkat harga dan situasi.
5.Apa bunyi dari Hukum Penawaran ?
jawaban
Hukum penawaran
berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan
akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan
turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding
lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan
searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
6.Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
penawaran ?
jawaban
.1. Biaya produksi dan teknologi
yang digunakan
biaya pembuatan/produksi suatu
produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan
harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis
dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan
pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari
keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan
marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan
ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang
rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah
untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan
harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk
akibat permintaan konsumen yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang
pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di
pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk
yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun
dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di
masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa
mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output
produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik
akibat berbagai factor
Kesimpulan
Penentuan
Harga,Penawaran serta Permintaan sangat diperlukan dalam perkembangan sistem
ekonomi.Penentuan Harga bersumber pada penawaran dan permintaan.Penawaran
bersumber pada kuantitas barang yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat,sedangkan Permintaan bersumber pada kuantitas
permintaan barang berdasarkan harga yang ditawarkan.
Ilmu ekonomi ini tidak
selalu bisa diterapkan disetiap Negara,banyak faktor-faktor yang mempengaruhi
baik dalam penawaran maupun permintaan,diataranya harga,mutu
barang,kebutuhan,gaya hidup, dsb.
Pelajaran dari teori
ini menjelaskan kepada mahasiswa bagaimana seharusnya menentukan harga,agar
hukum penawaran dan permintaan dapat berjalan seimbang,sehingga terciptanya
masyarakat yang paham ekonomi dan berkualitas.
Saran
1. Menentukan strategi penentuan harga sebaiknya
perusahaan benar-benar sudah mengetahui dengan pasti apa yg jadi peluang,
ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan pada saat ini.
2. Langah2 dalam menentukan strategi dan metode harga dilakukan dengan
sebaik-baiknya.
3. Tingkatkan dan pertahankan mutu dan pelayanan untuk kepuasan pelanggan.
Untuk
memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yg kompetitif, harga sebagai penyeimbang
antara kualitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yg ditawarkan oleh
produsen, untuk menciptakan keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas
Daftar pustaka
www.yohanes-albert.blogspot.com
No comments:
Post a Comment